Sekelumit Tentang Valentino Rossi

Valentino Rossi

Valentino Rossi

Valentino Rossi
(lahir di Urbino, Italia, 16 Februari 1979; umur 32 tahun) adalah seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia  dengan titel juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier.Ia adalah salah seorang pembalap tersukses sepanjang masa, dengan 9 gelar Juara Dunia. Menurut majalah olah raga terbitan Amerika, Sports Ilustrated, Rossi adalah salah satu olahragawan bergaji terbesar di duunia, ia diperkirakan digaji $34 juta pada 2007. Putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi dan Stefania Palma ini memegang banyak rekor dan prestasi yang diraihnya melampaui banyak seniornya. Total pembalap eksentrik ini membukukan 9 gelar juara dunia, sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas puncak, 500cc dan MotoGP.
 
Karier di ajang MotoGP nya dimulai dari kelas paling bawah yaitu kelas seperdelapan liter atau 125cc pada tahun 1996, ditahun pertamanya ia mampu meraih podium 1 pada seri Brno (Rep. Checo) yang juga merupakan kemenangan satu-satunya diawal kariernya dikelas 125cc, kemudian pada tahun 1997 ia berhasil memenangi 11 dari 15 seri (termasuk kemenagan di sirkuit Sentul – Indonesia) hingga mengantarkannya menjadi juara 1 kelas 125cc. Tahun 1998 ia naik kelas ke 250cc dan finish akhir di posisi 2 dengan memenagi 5 seri, kemudian tahun 1999 ia berhasil mewujudkan targetnya untuk menjadi juara dunia kelas 250cc dengan memenangi 10 dari 16 seri.
 
Tahun 2000 ia naik kelas lagi ke kelas 500cc 2 tak dan ditahun pertama ini ia menempati peringkat 2 klasmen akhir kemudian tahun ke duanya kembali menorehkan keberhsasilan menjadi juara dunia kelas 500cc yang merupakan tahun terakhir menggunakan mesin 500cc 2 tak.
 
Tahun 2002 disaat pertama kali kejuaraan MotoGP menggunakan mesin 4tak ia lansung menjadi juara dunia dengan motor pabrikan asal Jepang (Repsol Honda) yang ia bela sejak tahun 2000 dan berlanjut hingga tahun 2003.
 
PINDAH KE YAMAHA
Pada akhir musim 2003 menjelang musim 2004 Valentino Rossi membuat keputusan yang mengejutkan. Ia memutuskan hijrah dari tim yang dibelanya waktu itu yaitu tim pabrikan Honda, Repsol Honda HRC yang telah mengantarkan dirinya meraih juara dunia 2002 dan 2003.
 
Mengenai kepindahannya ini, banyak yang tak mengira dan pesimis ia akan mampu mempertahankan gelar juaranya. Salah satu pernyataan pesimis datang dari Max Biaggi, musuh bebuyutannya mengatakan, “Aku tak menyangka ia pindah ke Yamaha, tapi bagaimanapun juga akan sulit mengalahkan Honda. Bahkan Rossi sendiri kurang optimis ia mampu mempertahankan juara dunianya. “Kami membutuhkan waktu untuk tampil kompetitif, untuk menang pada musim pertama bersama Yamaha jelas sangat sulit”. Tapi ia mementahkan semua pandangan pesimis tersebut. Bahkan pada seri pertama musim 2004 di GP Welkom, Afrika Selatan ia mengalahkan Max Biaggi yang mengendari motor Honda, meskipun dengan perlawanan yang sangat ketat, dengan motor Yamaha, yang terakhir naik podium tahun 1992. Bahkan pada tahun 2004 dan 2005, 2008 dan 2009 Rossi menjadi juara dunia bersama Yamaha dan menjadi pembalap Yamaha pertama yang paling banyak juara dalam satu musim (Rossi juara 9 kali pada musim 2009).
 
Pada Tahun 2010 Ia tak mampu mempertahankan Mahkota Juaranya karena mengalami kecelakaan serius saat sesi latihan Mugello (Italia) yang mana itu adalah latihan menjelang seri kandang baginya yang telah ia menangkan sebanyak 9 kali  sejak saat kelas 125cc tahun 1997, kelas 250cc tahun 1999 dan saat kelas Para Raja 2002-2008 (7kali beruntun) hingga ia dijuluki Raja Mugello.
Insiden tersebut memaksa ia absen sebanyak 4 seri dan hanya berhasil finish ke 3 di klasmen akhir dibawah Juara Dunia 2010 Jorge Lorenzo dan Daniel Pedrosa.
 
Valentino Rossi - Mugello Insiden

Valentino Rossi - Mugello Insiden

 
PINDAH KE DUCATI
Pada saat race di Brno (Rep. Chesca) ia mengumumkan untuk pindah ke Ducati yang notabene adalah Pabrikan Motor asli Italya. Banyak yang menyangka ia akan sukses dengan mudah bersama Ducati, namun semua itu tak semudah yang diperkirakan, hal ini dikarenakan tidak samanya gaya membalap Rossi dengan Ducati dan masih banyaknya persoalan Ducati yang belum mampu ia dan kru nya selesaikan hingga ia baru mampu meraih podium 3 saat seri Le Mans – Prancis 15 Mei 2011.
Semoga kedepannya ia mampu meraih hasil yang lebih baik dengan menggunakan Ducati GP11.1 yang merupakan penggabungan sasis GP11 dengan GP12 dan hingga mampu menyuguhkan kembali pertarungan seru yang selalu dinantikan para penggemarnya diseluruh Dunia…
 
Valentino Rossi dan Ducati

Valentino Rossi dan Ducati

Jejak Karier Valentino Rossi
Musim Kelas/Motor/Tim
1996 125cc/Aprilia RS125/Scuderia AGV Aprilia
1997 125cc/Aprilia RS125/Nastro Azzurro Aprilia
1998 250cc/Aprilia RS250/Nastro Azzurro Aprilia
1999 25-cc/Aprilia RS250/Aprilia Grand Prix Racing
2000 500cc/Honda NSR500/Nastro Azzurro Honda
2001 500cc/Honda NSR500/Nastro Azzurro Honda
2002 MotoGP/Honda RC211V/Repsol Honda
2003 MotoGP/Honda RC211V/Repsol Honda
2004 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Gauloises Fortuna Yamaha
2005 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Gauloises Yamaha
2006 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Camel Yamaha
2007 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Fiat Yamaha
2008 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Fiat Yamaha
2009 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Fiat Yamaha
2010 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Fiat Yamaha
2011 MotoGP/Ducati GP11-GP11.1/Ducati Marlboro
 
 
Penghargaan
* Gelar Juara Dunia 125cc (1997)
* Gelar Juara Dunia 250cc (1999)
* Gelar Juara Dunia 500cc (2001)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2002)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2003)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2004)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2005)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2008)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2009)
 
Valentino Rossi Bersama Aprilia 125 dan 250 cc
Valentino Rossi saat bersama Aprilia

Rossi - Aprilia

 Valentino Rossi bersama Repsol Honda, 2000-2003
Rossi - Honda Repsol

Rossi - Honda Repsol

 Valentino Rossi Bersama Yamaha YZR-M1, 2003-2010
Rossi - YZR-M1
 
Valentino Rossi & Ducati
Valentino "46" Rossi dan Ducati

Valentino Rossi dan Ducati

Salam Persaudaraan !!
 
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s